BAB 4 Kasus atau Contoh Pemanfaatan Perangkat Lunak

Nama : Nadya Gayatri E
NPM  : 57414762

4.1 Kasus atau Contoh Pemanfaatan Perangkat Lunak pada Donut Chart

Kegunaan Donut Chart: untuk menggambarkan nilai deret data yang masing-masing diwakili oleh sebuah segmen berbentuk cincin. Donut Chart biasa digunakan untuk visualisasi pada penyajian data statistic, misalnya : 

• Mengetuhi rasio jenis kelamin dalam suatu kelompok,

• Prosentase suara partai pada pemilihan umum, 

• Komposisi profesi di sebuah tempat 

4.2 Kasus atau Contoh Pemanfaatan Perangkat Lunak pada Gantt Chart

PENJADWALAN PROYEK PERANGKAT LUNAK Penjadwalan proyek meliputi kegiatan menetapkan jangka waktu kegiatanproyek yang harus diselesaikan, bahan baku, tenaga kerja serta waktu yangdibutuhkan oleh setiap aktivitas. Pendekatan yang lazim digunakan adalah diagram Gantt Chart. Penjadwalan dibutuhkan untuk membantu: 

1. Menunjukkan hubungan tiap kegiatan lainnya dan terhadap keseluruhan proyek.

2. Mengidentifikasikan hubungan yang harus didahulukan di antara kegiatan.

3. Menunjukkan perkiraan biaya dan waktu yang realistis untuk tiap kegiatan.

4. Membantu penggunaan tenaga kerja, uang dan sumber daya lainnya dengan cara hal-hal kritis pada proyek

Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam membuat jadwal pelaksanaan proyek : 

1. kebutuhan dan fungsi proyek tersebut. Dengan selesainya proyek itu proyek diharapkan dapat dimanfaatkan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. 

2. keterkaitannya dengan proyek berikutnya ataupun kelanjutan dari proyek selanjutnya. 

3. alasan social politis lainnya, apabila proyek tersebut milik pemerintah. 

4. kondisi alam dan lokasi proyek. 

5. keterjangkauan lokasi proyek ditinjau dari fasilitas perhubungannya. 

6. ketersediaan dan keterkaitan sumber daya material, peralatan, dan material pelengkap lainnya yang menunjang terwujudnya proyek tersebut. 

7. kapasitas atau daya tampung area kerja proyek terhadap sumber daya yang dipergunakan selama operasional pelaksanaan berlangsung. 

8. produktivitas sumber daya, peralatan proyek dan tenaga kerja proyek, selama operasional berlangsung dengan referensi dan perhitungan yang memenuhi aturan teknis. 

9. cuaca, musim dan gejala alam lainnya. 

10. referensi hari kerja efektif

Gantt Chart Gantt chart adalah suatu alat yang bernilai khususnya untuk proyek-proyek dengan jumlah anggota tim yang sedikit, proyek mendekati penyelesaian dan beberapa kendala proyek. 

1. Gantt chart secara luas dikenal sebagai alat fundamental dan mudah diterapkan oleh para manajer proyek untuk memungkinkan seseorang melihat dengan mudah waktu dimulai dan selesainya tugas-tugas

dan sub- sub tugas dari proyek. 

2. Semakin banyak tugas-tugas dalam proyek dan semkin penting urutan antara tugas-tugas maka semakin besar kecenderungan dan keinginan untuk memodifikasi gantt chart. 

3. Gantt chart membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan “what if” saat melihat kesempatan-kesempatan untuk membuat perubahan terlebih dahulu terhadap kebutuhan.

Contoh Kasus : 

Diketahui aktifitas sebuah proyek sebagai berikut : 



Dari kasus tersebut diselesaikan dengan menggunakan POM for Windows 



Dari table tersebut dapat dilihat waktu yang diperlukan untuk melalui jalur kritis yaitu 19 



Dari Gantt Chart tersebut jalur yang berwarna merah adalah jalur kritis, yaitu jalur dengan waktu penyelesaian proyek terlama. Ada dua jalur kritis yaitu A-C-G dan B-E-G

4.3 Kasus atau Contoh Pemanfaatan Perangkat Lunak pada Gauge Chart

Sebuah widget pengukur menggambarkan nilai atribut tertentu atau hitungan fitur sebagai persentase dari nilai target; misalnya, alat ukur mungkin menggambarkan tingkat pengangguran untuk lapisan Amerika Serikat kabupaten dengan informasi sensus. Nilai target dalam hal ini akan menjadi 100. Dalam banyak kasus, alat pengukur lebih informatif ketika nilai puncak digambarkan oleh gauge di bawah atau melebihi nilai ambang batas; misalnya, pengukur yang menggambarkan tingkat bahan bakar mungkin memiliki ambang 10 persen, di mana warna teks grafis dan nilai pengukur akan ditampilkan dalam warna yang berbeda ketika nilai di bawah ambang batas ini. Hal ini berguna untuk menarik perhatian Anda ketika informasi yang digambarkan oleh pengukur mencapai beberapa tingkat kritis. Ketika fitur tunggal berfungsi sebagai sumber data, nilai untuk bidang yang dipilih ditampilkan dalam widget. Jika lebih dari satu fitur yang digunakan, seperti ketika ada beberapa fitur yang dipilih, operasi Ringkasan dilakukan pada nilai bidang. agregat bisa salah satu dari berikut: 

• Nilai rata-rata di seluruh fitur 

• Maksimum nilai-nilai dari semua fitur 

• Minimum dari nilai-nilai dari semua fitur 

• Jumlah total nilai dari semua fitur Dalam skenario manajemen darurat, Anda bisa mengkonfigurasi pengukur widget untuk menunjukkan jumlah orang yang harus pindah ke tempat penampungan darurat setelah gempa bumi. Dalam mengukur ini, widget menunjukkan nilai di bawah ambang batas target hijau, yang terjadi ketika ada kurang dari 15.000 orang jumlah (jumlah operasi) di semua lokasi penampungan di daerah itu. widget menampilkan merah jika total meningkat di atas bahwa nilai ambang, yang menyebabkan peringatan muncul. Jumlah maksimum orang yang dapat ditampung dalam semua tempat penampungan adalah 25.000. 

Gauge widget dengan nilai target ambang batas 



• WebGIS - Dashboard 

• Aplikasi berbasis desktop dan browser (web based) untuk memberikan gambaran umum seperti melakukan monitoring, tracking, hingga reporting dari waktu ke waktu. Tampilan Dashboard dapat diatur sesuai kebutuhan. Seperti menampilkannya dalam bentuk Gauge. Serta dapat disajikan di dalam multi layar.

• Gauge chart digunakan untuk membandingkan ukuran yang dicapai dengan target. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEB SCIENCE

Tugas Softskil Pengenalan Teknologi Internet & New Media

Wisuda 106'14 XXI