BAB 3 PERANGAKAT LUNAK

Nama : Nadya Gayatri E
NPM  : 57414762

3.1 Perangkat Lunak yang Mendukung Gantt Chart
Gantt Chart adalah model tertentu dari bar chart yang menggambarkan ruang lingkup proyek. Gantt chart menunjukkan unsur-unsur proyek, seperti kerja tanggal mulai dan jumlah pekerjaan yang dilakukan pada tanggal saat ini. Ada beberapa cara dan software yang mendukung pembuatan atau dapat menerapkan Gantt Chart, yaitu : Kode HTML, Microsoft Project, Microsoft Excel dll. Dalam buku ini saya akan menjabarkan cara menerapkan Gantt Chart menggunakan Microsoft Project 2007 dan Kode HTML.

3.1.1 1. Microsoft Project 2007 Microsoft Project 2007
merupakan software administrasi proyek yang digunakan untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, pengawasan dan pelaporan data dari suatu proyek. Kemudahan penggunaan dan keleluasaan lembar kerja serta cakupan unsur-unsur proyek menjadikan software ini sangat mendukung proses administrasi sebuah proyek. Microsoft Project 2007 memberikan unsur-unsur manajeman proyek yang sempurna dengan memadukan kemudahan penggunaan, kemampuan, dan eksibilitas sehingga penggunanya dapat mengatur proyek secara lebih e sien dan efektif. Anda akan mendapatkan informasi, mengendalikan pekerjaan proyek, jadwal, laporan keuangan, serta mengendalikan kekompakan tim proyek. Anda juga akan lebih produktif dengan mengintegrasikan program-program Microsoft O ffice yang familiar, membuat pelaporan yang kuat, perencanaan yang terkendali dan sarana yang eksibel.

Berikut ini adalah cara pembuatan gantt chart menggunakan Microsoft Project 2007

  • ˆBuka Microsoft Project 2007, setelah itu akan tampil halaman awal seperti gambar berikut,

  • Setelah itu, isikan Task Name, Duration, Start Date, Predesssesors (jikaada) pada kolom yang ada disebelah kiri, secara otomatis Gantt Chart akan terbentuk di area sebelah kanan,seperti gambar berikut.

  • ˆUntuk menambahkan Sub Proses, insertkan kolom di proses yang akan ditambahkan sub prosesnya, seperti gambar berikut.
  • Setelah itu, tuliskan proses yang ditambahkan pada eld yang kosong kemudian, untuk membuat proses tersebut menjadi subproses, pilih indent, seperti pada gambar berikut,
ˆ
ˆ Jika sudah maka akan tampilan Gantt Chart menjadi seperti ini,
ˆUntuk menambahkan Milestones ,Milestones emphasize important events or accomplishments on projects which take zero duration[1], pertama tambahkan baris dan isikan nama task serta duration di set menjadi 0 day, seperti pada gambar berikut,

ˆ
ˆUntuk menandai apakah suatu proses telah selesai dilakukan, maka pada
kolom (information) pilih Task Information


ˆSetelah itu, set percent complete menjadi 100%, sebagai berikut, Jika sudah, maka proses tersebut akan memiliki status completed seperti berikut, untuk melihat Network Diagram, A network diagram is a schematic display of the logical relationships among, or sequencing of, project activities[1], dari Gantt Chart yang telah dibuat, pilih view > > Network Diagram pada toolbars, Network diagram akan tampil sebagai berikut,
ˆ
Gambar yang disilang menunjukan bahwa Task telah completed Gantt Chart telah selesai dibuat dan masih banyak hal yang mungkin perlu di tambahkah untuk membuat Gantt Chart lebih detail, seperti misalnya ResourceUsage, Task Usage, Cost, dsb. dan masih banyak hal yang mungkin perlu di tambahkah untuk membuat Gantt Chart lebih detail,seperti misalnya Resource Usage, Task Usage, Cost, dsb.

3.1.2 Kode HTML
Penerapan Gantt Chart sederhana menggunakan Kode HTML, ketikan kodingan berikut pada notepad+ kemudian save dengan format .html, maka jadilah gantt chart yang diinginkan dan jika kalian ingin melihat contoh lain pembuatan gantt chart silahkan buka google chart.


3.2 Perangkat Lunak yang Mendukung Donut Chart
Donut Charts biasanya digunakan untuk mengetahui perbandingan suatu data terhadap keseluruhan data. Misalnya kita ingin mengetuhi rasio jenis kelamindalam suatu kelompok, prosentase suara partai pada pemilihan umum, komposisi profesi di sebuah tempat dan sebagainya. Ada beberapa cara dan software yang mendukung pembuatan atau dapat menerapkan Donut Chart, yaitu : Edraw Max, Kode HTML, Microsoft Excel. Dalam buku ini saya akan menjabarkan cara menerapkan Donut Chart.

3.2.1 Edraw MAX
Edraw Max adalah software yang paling tepat untuk Anda. Anda dapat membuat berbagai macam diagram yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak terbatas pada diagram yang disediakan oleh Microsoft Excel atau aplikasi lain pembuat diagram. Anda dapat membuat berbagai macam diagram yang unikhanya dengan beberapa klik saja. Edraw membantu untuk menyajikan dan mengkomunikasikan data dan informasi secara dinamis. Anda dapat dengan mudah mengumpulkan, arsip, mengatur, menganalisis, memvisualisasikan dan melaporkan data yang rumit dalam waktu singkat. Cobalah untuk membuat gra k donat semenarik donat nyata. 

Buat Doughnut Chart dari Template 
Template interaktif adalah cara tercepat untuk membuat bagan donat. Donatt gra k yang sangat baik untuk menampilkan titik data sebagai persentase dari keseluruhan. Edraw menawarkan banyak gra k donat template dalam format vektor. Anda dapat membuat jenis berikut gra k donat dengan mudah dalam beberapa menit. 
Berikut adalah cara pembuatan donut chart pada edraw max:
  •  Buka Pie dan Donat Template dari Library Chart. Tarik bentuk dari perpustakaan untuk memulai gra k donat Anda. Bentuk pintar mendukung editing point-and-klik. Editor mudah ini telah otomatis banyak langkah dalam proses charting, sehingga lebih mudah. ˆ 
  • Pindahkan kursor di atas bentuk dan kemudian tombol mengambang akan ditampilkan. Istirahat kursor untuk menunjukkan menu. Pilih opsi yang sesuai untuk mengedit bentuk.


Mengedit Bagan Donat Data
ˆAnda dapat mengedit nilai persentase untuk mengubah bentuk. Artinya,btepat setelah Anda memasukkan nomor baru, bentuk perubahan yang sesuai segmen otomatis.
ˆ

Dan Doughnut dengan Handle, Anda tidak dapat mengedit nilai persentase
untuk mengubah bentuk. Pilih gra k donat, tarik berlian pegangan
kuning untuk mengubah segmen dan persentase nilai.



Pilih kategori sub bentuk; mengubah gaya tampilan, maka gaya ll baru akan diterapkan. Klik Set Tebal Donat pada menu tindakan gra k, nilai ketebalan dari 10% sampai 100% dari donat.

ˆ
ˆKetika Anda menyelesaikan gra k donat di Edraw, Anda dapat mengekspornya ke MS Word, Excel atau PowerPoint dengan satu kali klik. File yang diekspor tetap dapat diedit. Hanya dalam 1 program tunggal, Anda dapat memperoleh donat dalam Ms Word, Excel serta PowerPoint format.

ˆTekan tombol Ekspor pada Quick Access toolbar, pilih format yang Anda
butuhkan. Lihat ilustrasi di bawah.
ˆ
Anda juga dapat menyimpannya sebagai le proyek untuk revisi nanti.
Atau, mencetak atau ekspor sebagai html, pdf, svg, png transparan.

3.2.2 Microsoft O ce Excel
Menggunakan Microsoft O ce Excel 2007, Anda bisa dengan cepat mengubah data Anda menjadi bagan donat, dan lalu gunakan tur pemformatan yang baru untuk membuat bagan donat yang lebih mudah dibaca. Misalnya, dengan menambahkan legenda, label data, dan kotak teks yang menunjukkan berdering setiap bagan donat yang mewakili, Anda bisa dengan cepat memahami data
yang diplot dalam bagan. Pelajari selengkapnya tentang memplot data dalam bagan donat Data yang disusun dalam kolom atau baris hanya pada lembar kerja bisa diplot dalam bagan donat. Sama seperti bagan Pai, bagan donat yang memperlihatkan hubungan  komponen secara keseluruhan, tetapi bagan donat bisa berisi lebih dari satu seri data. Setiap seri data yang Anda plot di sebuah bagan donat menambahkan berdering ke bagan. Seri data pertama ditampilkan di pusat bagan. Karena sifatnya melingkar, bagan donat tidak mudah untuk membaca, terutama ketika mereka menampilkan beberapa seri data. Proporsi cincin dalam dan luar cincin tidak mewakili ukuran data akurat poin data di luar cincin mungkin muncul

lebih besar dari titik data di dalam cincin saat nilai aktual mungkin lebih kecil. Menampilkan nilai atau persentase di label data sangat berguna dalam bagan donat, tetapi jika Anda ingin membandingkan titik data secara berdampingan, Anda harus menggunakan kolom tumpuk atau bagan batang tumpuk sebagai gantinya. Pertimbangkan menggunakan donat bagan saat:
  • ˆ Anda memiliki satu atau beberapa seri data yang ingin Anda plot.
  • ˆ Tidak ada nilai yang ingin Anda plot negatif.
  • ˆ Tidak ada nilai yang ingin Anda plot merupakan nilai nol (0).
  • ˆ Anda tidak memiliki lebih dari tujuh kategori per seri data.
  • ˆ Kategori mewakili bagian-bagian dari keseluruhan dalam setiap berdering bagan donat.

Saat Anda membuat bagan donat, Anda bisa memilih salah satu subtipe bagan
donat yang berikut ini:
  • ˆDonat Bagan donat menampilkan data berdering, di mana setiap cincin mewakili seri data. Jika persentase yang ditampilkan dalam label data, setiap cincin akan total 100%.
  • Donat yang diledakkan Hampir sama seperti bagan Pai yang diledakkan, bagan donat meledak tampilan kontribusi setiap nilai terhadap total sementara menekankan nilai individual, tapi mereka bisa berisi lebih dari satu seri data.



Bagan donat meledak dan bagan donat yang tidak tersedia dalam 3D, tapi Anda bisa menggunakan 3D pemformatan untuk memberikan tampilan 3-d 3-seperti bagan ini. Berikut adalah cara pembuatan donut chart pada Microsoft Excel :
1. Blok data yang akan digunakan seperti gambar di bawah:

2. klik insert, group charts, pilih pie chart kemudian pilih Doughnut chart seperti gambar berikut

3. Maka akan muncul hasil Doughnut chart


Mengedit Doughnut chart :
1. Quick tools, digunakan untuk meperpaibiki tampilan gra k dengan cepat. tetapi toolsnya tidak terlalu banyak. caranya yaitu dengan klik doughnut chartmaka akan tiga tools yang muncul
ˆ

  • ˆChart Element, digunakan untuk memunculkan.menghilangkan element pada grafi k.
  • ˆStyle and colors, digunakan untuk melakukan pengubahan tampilan style dan warna pic chart

  • Values and names, digunakan untuk menentukan data yang akan ditampilkan.

2. Design, apabila cara quick tadi belum cukup maka bisa menggunakan design untuk mengubah style doughnut chart dengan lebih lengkap.
  • ˆAdd Chart Element: digunakan untuk menampilkan element tambahan untuk gra fik garis
  • ˆQuick layout: digunakan untuk menetukan layout yang sudah dibuat dan kita tinggal memilih.
  • ˆChange colors: mengganti warna
  • Chart styles: mengubah tampilan gra k ˆ Switch row colomn : untuk mengganti antara baris dan kolom
  • Select data: mengedit data yang sudah dipilih. bisa diganti atau dihilangkan atau ditambah.
  • ˆChange chart type : digunakan mengganti grafik yang sesuai dengan data dan keinginan.
  • ˆMove chart : memindahkan gra k dari work le satu ke work le yang lain
3. Format, Selain mengubah tampilan bisa menggunakan format untuk memperbaiki style doughnut chart yang sudah terpilih pada design

  • ˆCurrent Selection : memilih tampilan yang mau diedit/diubah.
  • ˆInsert Shape : memasukkan shape yang baru
  • ˆShape style : Untuk mengedit shape
  • ˆWordart styles: untuk mempercantik tulisan yang sudah dipilih.
  • ˆArrange: digunakan untuk mengatur posisi gra fik
  • ˆSize: digunakan untuk mengatur ukur grafi k.

3.2.3 Kode HTML
Sebuah gra k donat adalah pie chart dengan lubang di tengah. Anda dapat membuat gra k donat dengan pilihan piehole:

Opsi piehole harus di set ke angka antara 0 dan 1, sesuai dengan rasio jarijari antara lubang dan gra k. Angka antara 0,4 dan 0,6 akan melihat yang terbaik pada kebanyakan gra k. Nilai sama dengan atau lebih besar dari 1 akan diabaikan, dan nilai 0 benar-benar akan menutup piehole Anda.


Anda tidak dapat menggabungkan piehole dan opsi 3D; jika Anda melakukannya, piehole akan diabaikan. Perhatikan bahwa Charts Google mencoba untuk menempatkan label sebagai dekat dengan pusat slice mungkin. Jika Anda memiliki gra k donat dengan hanya satu slice, pusat slice bisa jatuh ke dalam lubang donat. Dalam hal ini, mengubah warna label:
3.3 Perangkat Lunak yang Mendukung Gauge Chart
Sebuah gauge adalah perangkat yang mengukur jumlah atau kuantitas sesuatu dan menunjukkan jumlah yang diukur. Sebuah grfik yang berisi gambar dari alat ukur dapat menyajikan data yang lebih jelas sehingga penonton yang dapat memahami data sekilas. Dengan menampilkan beberapa alat pengukur bersama-sama menunjukkan serangkaian nomor, pengguna dapat menunjukkan tren intuitif. Sebuah grafik yang berisi gambar dari alat ukur dapat menyajikan data yang lebih jelas sehingga penonton yang dapat memahami data sekilas. Dengan menampilkan beberapa alat pengukur bersama-sama menunjukkan serangkaian nomor, pengguna dapat menunjukkan tren intuitif.

Hal ini dapat digunakan secara luas di dashboard, monitor real-time dan laporan dan sebagainya, menampilkan Key Performance Indicator (KPI), indikator kemajuan dan indikator kuantitas. Misalnya, kita bisa menerapkannya untuk menampilkan biaya per akuisisi dalam dashboard manajemen. Bola gauge adalah alat ukur khusus yang digunakan untuk mencerminkan keadaan tunggal dengan menggunakan warna yang telah ditentukan. Sebagai contoh, dapat memantau kondisi keseluruhan tungku sehingga dapat meningkatkan peringatan ketika suhu menjadi terlalu tinggi dengan berubah menjadi warna merah. 

Ada beberapa cara dan software yang mendukung pembuatan atau dapat menerapkan Gauge Chart, yaitu : Edraw Max, Kode HTML, Microsoft Excel. Dalam buku ini saya akan menjabarkan cara menerapkan Gauge Chart.

3.3.1 Microsoft Excel
Sebuah mengukur grafik (atau grafik speedometer) menggabungkan grafik Doughnut dan grafik Pie di grafik tunggal. Ini adalah spreadsheet yang terlihat.
Untuk membuat gra k gauge, jalankan langkah-langkah berikut.
1. Pilih rentang H2: I6.
2. Pada tab Insert, di grup Charts, pilih Charts lain, dan pilih Doughnut.
3. Pilih setiap titik data dan klik Pemilihan Format untuk mengubah ll (Solid ll atau ada ll). Di bawah ini sudah dilakukan untuk seri Donut (4 titik data). Untuk seri Pie (3 titik data), mengubah mengisi ke No ll, hitam (sebagian kecil) dan ada ll. Pada tab Format, Anda dapat memilih seri Donut atau seri Pie. Gunakan dan tombol untuk memilih titik data.

4. Pilih seri Donut, klik Selection Format, dan mengubah sudut 270 derajat.
5. Pilih gra k, klik kanan, klik Format Bagan Lokasi dan mengubah ke No ll dan ada garis.
6. Hapus legenda. Hasil:














7. Pilih seri Pie dan mengubah jenis gra k untuk Pie. Perubahan Jenis bagan













8. Pilih seri Pie, klik pilihan Format, dan mengubah sudut 270 derajat dan plot seri pada sumbu sekunder. Hasil. Gra k Pie adalah tidak lebih dari sepotong transparan 75 poin, sepotong hitam 1 poin (jarum) dan sepotong transparan dari 124 poin.













9. Gunakan tombol spin untuk mengubah nilai di I3 sel dari 75 ke 76. The Pie grafi k perubahan sepotong transparan 76 poin, sepotong hitam 1 poin (jarum), dan sepotong transparan 200 - 1 - 76 = 123 poin. Rumus di I5 sel memastikan bahwa 3 iris jumlah hingga 200 poin.










3.3.2 Kode HTML
























Saat ini tidak ada cara untuk menentukan judul gra k pengukur yang Anda bisa dengan Charts Google lainnya. Dalam contoh di atas, HTML sederhana digunakan untuk menampilkan judul. Juga, pilihan animation.startup tersedia untuk banyak Charts Google lainnya tidak tersedia untuk Chart Gauge. Jika Anda ingin animasi startup, menggambar gra fik awalnya dengan nilai diatur ke nol, dan kemudian menarik lagi dengan nilai yang Anda inginkan untuk menghidupkan ke. Format Data Setiap nilai numerik ditampilkan sebagai ukuran. Dua format data alternatif yang didukung:
1. Dua kolom. Kolom pertama harus berupa string, dan berisi label gauge. Kolom kedua harus berupa angka, dan mengandung nilai gauge.
2. Setiap jumlah kolom numerik. Label masing-masing alat ukur adalah label kolom.


3.3.3 Edraw Max
Edraw pembuat Gauge Chart dirancang untuk menghasilkan gaya dan profesional grafi k pengukur dari template. Bagi orang-orang yang sudah terbiasa dengan aplikasi Microsoft lainnya, seperti Word atau Excel, antarmuka akan cukup akrab. Cukup drag dan drop simbol, mengimpor data, menerapkan builtin tema yang dirancang, dan secara otomatis berbagi gra k mengukur selesai Anda ke dalam presentasi atau PDF hanya dengan satu kali klik. Untuk membuat gauge chart pada edraw lakukan langkah-langkah berikut ini :
1. Impor Data Dari File
Anda perlu mengikuti hanya beberapa langkah untuk menggambar gra k pengukur efektif dari Edraw. Hanya dengan menarik simbol pengukur built-in dari perpustakaan. Kemudian gunakan tombol cepat untuk memuat data dari leteks atau lembar Excel.

Gra k Indeks di atas menggunakan data sebagai berikut:
Caption, Nama, Nilai
Min Skala, Min, $ 100.000
Max Skala, Max, $ 300.000 Nilai saat ini, Volume Penjualan, $ 156.840
Zona Pertama, Basic, $ 150.000
Zona Kedua, Target, $ 200.000
Zona Ketiga, Membentang, $ 250.000
Zona Keempat, Sempurna
Untuk membuatnya semudah mungkin untuk membuat bagan pertama Anda, mengubah data dan menyimpannya ke le teks. Kemudian gunakan salah satu simbol pengukur gra k dalam perangkat lunak untuk memuat data.
CATATAN: Dalam sumber data, kolom kedua dan ketiga adalah data pengguna.
Anda tidak perlu untuk memasukkan nilai kisaran terakhir karena selalu sama
dengan nilai skala Max.

2. Mengedit Bentuk data
Cara kedua untuk mengatur ukuran data yang memasukkan data melalui menu mengambang. Dengan mengklik Set Item Gauge Data dalam menu mengambang, Anda dapat input Min Skala, Max Skala, Nilai sekarang, dan Anda dapat juga mengatur presisi, unit dan jumlah skala.

Klik Set Rentang Nomor untuk menetapkan jumlah jangkauan. Klik Set Rentang data untuk menetapkan setiap nilai kisaran.

3. Memodi kasi Style
Untuk mengubah warna dan lisensi, Anda dapat mengklik untuk memilih subshapes di chart gauge. Kemudian gunakan menu untuk mengatur.


4. Ekspor Gauge Bagan
Edraw kompatibel dengan kantor MS, mudah untuk berbagi dengan format gra s, le PDF, word, PowerPoint, dokumen Excel dan banyak lagi. Buka menu File, lalu klik item ekspor.
Langkah-langkah untuk Membuat Contoh Gauge Bagan :
Berikut adalah pengguna yang ingin menggambar alat pengukur gra k yang kisaran $ 0-30K harus di RED, yang 30-70K harus ORANGE, dan berbagai 70-200K harus di GREEN. Ketika Melihat ini dalam jumlah penjualan, jika karyawan telah memesan $ 75.000 dari $ 200.000 dollar, mereka berada di jalur yang benar dan jumlah mereka akan Green. Namun, ia mencoba banyak waktu tetapi gagal. Aku bertaruh bahwa Anda dapat memenuhi masalah yang sama, jadi kami akan menunjukkan cara untuk mencapai hasil yang diinginkan..

1. Klik ganda pilihan "pengukur data", mengatur max skala "200", saat ini nilai "75", Unit "K".

2. Menunjukkan legenda di bagian bawah, dan pilih $ 0-30K tombol range di legenda, dan klik warna bar cepat pada bagian bawah halaman gambar untuk mengubah warna jangkauan. Ulangi langkah untuk mengubah sisa dua warna jangkauan.
Pengukur gra k yang memenuhi persyaratan pengguna harus sebagai berikut:






Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEB SCIENCE

Tugas Softskil Pengenalan Teknologi Internet & New Media

Wisuda 106'14 XXI