REVIEW JURNAL BISNIS INFORMATIKA


Judul
PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM DUNIA BISNIS
Jurnal
Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis
Download
http://www.jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/229/181
Volume dan Halaman
Edisi Ke-VI, Hal. 95-112
Tahun
2011
Penulis
Dewi Irmawati
Reviewer
Desi Windiana, M.Faiz Rizky, Nadya Gayatri
Tanggal
17 Oktober 2017

Abstrak
Jurnal yang berjudul ”PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM DUNIA BISNIS” ini membahas tentang proses pembelian, penjualan produk, pelayanan dan informasi melalui jaringan komputer.

Abstrak yang disajikan penulis hanya menggunakan Bahasa Inggris. Ini langsung menuju ke topik bahasan yang dibahas dalam jurnal ini, yang menurut saya pembaca menjadi mudah memahami jurnal ini.

Pendahuluan
Pada paragraf pertama, penulis menjelaskan mengenai perkembangan teknologi internet dalam bidang bisnis. Hal tersebut menjadi alat untuk aplikasi-strategi bisnis. Perkembangan teknologi internet membuat dampak besar terhadap dunia bisnis yang kompetitif.

Paragraf selanjutnya, penulis menjelaskan mengenai bagaimana perusahaan mengimplementasikan teknologi dan informasi kedalam perusahannya agar meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk menggunakan electronic commerce (e-commerce)

Pustaka
Pada bagian pustaka, penulis membagi sub pokok menjadi 4 bagian, yaitu:

  •      Definisi E-commerce
  •      Perspektif E-commerce
  •      Jenis-jenis E-commerce
  •      Standar Teknologi E-commerce
Dalam sub pokok pustaka diatas penulis menjelaskan dengan sangat rinci setiap materi yang diperlukan sebagai pendukung dalam jurnal dan penelitian ini. Penjelasan yang dilakukan oleh penulis mudah dipahami maksud dan tujuannya oleh pembaca.

Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah m etode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, analisis, dan studi pustaka

Hasil Penelitian
Secara keseluruhan, hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan :
Dengan pemanfaatan dan penggunaan teknologi internet diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar terhadap dunia bisnis yang kompetitif tersebut. Perusahaan yang mampu bersaing dalam kompetisi tersebut adalah perusahaan yang mampu melakukan implementasi teknologi ke dalam perusahaannya. Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk adalah dengan menggunakan electronic commerce (e-commerce) untuk memasarkan berbagai macam produk atau jasa, baik dalam bentuk fisik maupun digital. Dengan adanya layanan electronic commerce (e-commerce) ini maka pelanggan dapat mengakses serta melakukan pesanan dari berbagai tempat. Dengan adanya era teknologi yang canggih saat ini para pelanggan yang ingin mengakses e-commerce tidak harus berada di suatu tempat, hal itu dikarenakan di kota kota besar di Indonesia telah banyak tempat tempat yang menyediakan suatu fasilitas akses internet hanya dengan menggunakan laptop/notebook ataupun dengan Personal Digital Assistant (PDA) dengan menggunakan teknologi wifi.

Kesimpulan
Pada bagian kesimpulan, penulis membuktikan dan menjelaskan tentang teknologi dan informasi kedalam perusahannya agar meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk menggunakan electronic commerce (e-commerce). Kemudian penulis dapat menjelaskan tentang manfaat e-commerce bagi Organisasi, Konsumen, dan Masyarakat luas, juga menjelaskan dampak positif dan negatif bagi dunia bisnis.

Kekuatan Penelitian
  •   Kekuatan penelitian ini adalah metode yang digunakan     membantu penelitian dalam           menganalisis perkembangan teknologi informasi di dunia.
  •      Teori yang digunakan tepat.
  •   Bahasa yang digunakan oleh penulis mudah dipahami maksud  dan tujuannya oleh pembaca. Analisisnya sangat rinci dan mudah dipahami.
Kelemahan Penelitian

  •     Penulis kurang lengkap dalam menyimpulkan keseluruhan isi dari jurnal ini.
  •     Penulis kurang detail dalam memberikan hasil yang didapat dalam melakukan penelitiannya.



Sumber Jurnal:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WEB SCIENCE

Tugas Softskil Pengenalan Teknologi Internet & New Media

Wisuda 106'14 XXI