REVIEW JURNAL BISNIS INFORMATIKA
Judul
|
PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM DUNIA BISNIS
|
Jurnal
|
Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis
|
Download
|
http://www.jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/229/181
|
Volume dan Halaman
|
Edisi
Ke-VI, Hal. 95-112
|
Tahun
|
2011
|
Penulis
|
Dewi Irmawati
|
Reviewer
|
Desi Windiana,
M.Faiz Rizky, Nadya Gayatri
|
Tanggal
|
17 Oktober 2017
|
Abstrak
|
Jurnal yang berjudul ”PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM DUNIA BISNIS” ini membahas
tentang proses
pembelian, penjualan produk, pelayanan dan informasi melalui jaringan
komputer.
Abstrak yang disajikan
penulis hanya menggunakan Bahasa Inggris. Ini langsung menuju ke topik bahasan yang dibahas dalam
jurnal ini, yang menurut saya pembaca menjadi mudah memahami jurnal ini.
|
Pendahuluan
|
Pada paragraf pertama,
penulis menjelaskan mengenai perkembangan teknologi internet
dalam bidang bisnis. Hal tersebut menjadi alat untuk aplikasi-strategi
bisnis. Perkembangan teknologi internet membuat dampak besar terhadap dunia
bisnis yang kompetitif.
Paragraf selanjutnya,
penulis menjelaskan mengenai bagaimana perusahaan
mengimplementasikan teknologi dan informasi kedalam perusahannya agar
meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk menggunakan electronic commerce (e-commerce)
|
Pustaka
|
Pada bagian pustaka,
penulis membagi sub pokok menjadi 4
bagian, yaitu:
Dalam sub pokok pustaka diatas penulis menjelaskan
dengan sangat rinci setiap materi yang diperlukan sebagai pendukung dalam
jurnal dan penelitian ini. Penjelasan yang dilakukan oleh penulis mudah
dipahami maksud dan tujuannya oleh pembaca.
|
Metode Penelitian
|
Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah m etode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, analisis,
dan studi pustaka
|
Hasil Penelitian
|
Secara keseluruhan, hasil
penelitian ini dapat ditarik kesimpulan :
Dengan
pemanfaatan dan penggunaan teknologi internet diharapkan dapat memberikan
manfaat yang besar terhadap dunia bisnis yang kompetitif tersebut. Perusahaan
yang mampu bersaing dalam kompetisi tersebut adalah perusahaan yang mampu
melakukan implementasi teknologi ke dalam perusahaannya. Salah satu jenis
implementasi teknologi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan
produk-produk adalah dengan menggunakan electronic commerce (e-commerce)
untuk memasarkan berbagai macam produk atau jasa, baik dalam bentuk fisik maupun
digital. Dengan adanya layanan electronic commerce (e-commerce) ini
maka pelanggan dapat mengakses serta melakukan pesanan dari berbagai tempat.
Dengan adanya era teknologi yang canggih saat ini para pelanggan yang ingin
mengakses e-commerce tidak harus berada di suatu tempat, hal itu
dikarenakan di kota kota besar di Indonesia telah banyak tempat tempat yang
menyediakan suatu fasilitas akses internet hanya dengan menggunakan
laptop/notebook ataupun dengan Personal Digital Assistant (PDA) dengan
menggunakan teknologi wifi.
|
Kesimpulan
|
Pada bagian kesimpulan,
penulis membuktikan dan menjelaskan tentang teknologi dan
informasi kedalam perusahannya agar meningkatkan persaingan bisnis dan
penjualan produk-produk menggunakan electronic
commerce (e-commerce). Kemudian
penulis dapat menjelaskan tentang manfaat e-commerce
bagi Organisasi, Konsumen, dan Masyarakat luas, juga menjelaskan dampak
positif dan negatif bagi dunia bisnis.
|
Kekuatan Penelitian
|
|
Kelemahan Penelitian
|
|
Sumber Jurnal:
Komentar
Posting Komentar