Tugas Softskil Pengenalan Teknologi Internet & New Media
2IA17
Anggota :
Galih Dinar Mustofa
Ilham Syahardean S
Izhan Haqani
Muhamad Iqbal Fauzi
Nadya Gayatri E
Definisi New Media
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh New Media adalah Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD.
Teori media baru merupakan sebuah teori yang dikembangkan oleh Pierre Levy, yang mengemukakan bahwa media baru merupakan teori yang membahas mengenai perkembangan media. Dalam teori media baru, terdapat dua pandangan, pertama yaitu pendangan interaksi sosial, yang membedakan media menurut kedekatannya dengan interaksi tatap muka. Pierre Levy memandang World Wide Web (WWW) sebagai sebuah lingkungan informasi yang terbuka, fleksibel dan dinamis, yang memungkinkan manusia mengembangkan orientasi pengetahuan yang baru dan juga terlibat dalam dunia demokratis tentang pembagian mutual dan pemberian kuasa yang lebih interaktif dan berdasarkan pada masyarakat.
Definisi Media Baru Menurut Ahli



PANDANGAN NEW MEDIA
New media merupakan media yang dapat meningkatkan interaksi sosial antar manusia contohnya melalui beberapa jejaring sosial namun tetap sesuai kaidah dan norma kesopan santunan Media baru yang saat ini sedang populer adalah handphone atau smartphone.
Zaman sekarang, bagi sebagian besar masyarakat handphone adalah suatu kebutuhan yang sangat penting bahkan sangat diperlukan. karena semakin berkembangnya teknologi handphone tidak hanya digunakan untuk media komunikasi saja seperti sms atau telpon saja. Sekarang banyak handphone yang menyediakan fitur-fitur untuk browsing,chatting dan lain-lain. New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media bisa memberikan nilai negatif juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.
Komponen New Media
Pada new media ada beberapa komponen seperti Pembuat,penyalur dan pemakai juga media yang digunakan agar dapat berhubungan dengan new media,diantaranya adalah sebagai berikut:
- Produsen merupakan orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.
- Distributoradalah sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.
- Konsumenadalah orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang berfungsi untuk memakai new media.
- Internet & Web
- Personal Komputer (PC) / Notebook
- DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
- VCDs (Compact Discs)
- Portable Media Player.
- Mobile Phone.
- Video Game/ Game Computer.
- Virtual Reality.
Contoh New Media
Untuk mengakses new media bisa menggunakan komponen seperti smartphone /laptop
1. Blog dan microblog
User lebih bebas dalam mengekspresikan sesuatu di blog ini seperti curhat
ataupun mengkritik kebijakan pemerintah. Contohnya Twitter, Blogspot,
Tumblr, Path dan lain-lain.
2. Konten
Para user dari pengguna website ini saling meng-share konten – konten
media, baik seperti video, ebook, gambar dan lain-lain.
Contohnya Youtube.
3. Situs jejaring sosial
Aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara
membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain.
Informasi pribadi itu bisa seperti foto-foto. Contoh Facebook, Path,
Instagram dan lain-lain.
4. Virtual game world
Dunia virtual dimana mereplikasikan lingkungan 3D, di mana user bisa
muncul dalam bentuk avatar-avatar yang diinginkan serta berinteraksi
dengan orang lain selayaknya di dunia nyata, contohnya game online.
5. Virtual social world. Dunia virtual yang di mana penggunanya merasa
hidup di dunia virtual, sama seperti virtual game world, berinteraksi
dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas, dan lebih ke
arah kehidupan, contohnya second life.
Contoh Aplikasi New Media
- AR (Augmented Reality)
Secara umum, Augmented Reality (AR) adalah penggabungan antara objek virtual dengan objek nyata. Fungsinya membuat kegiatan yang ada pada dunia maya dapat kita peragakan atau kita lihat pada dunia nyata. Sebagai contoh, adalah saat stasiun televisi,menyiarkan pertandingan sepak bola, terdapat objek virtual, tentang skor pertandingan yang sedang berlangsung.Menurut Ronald Azuma pada tahun 1997, Augmented Reality adalah menggabungkan dunia nyata dan virtual, bersifat interaktif secara real time, dan merupakan animasi 3D.
Sejarah tentang Augmented Reality dimulai dari tahun 1957-1962, ketika seorang penemu yang bernama Morton Heilig, seorang sinematografer, menciptakan dan memapatenkan sebuah simulator yang disebut Sensorama dengan visual, getaran dan bau. Pada tahun 1966, Ivan Sutherland menemukan head-mounted display yang dia claim adalah, jendela ke dunia virtual. Tahun 1975 seorang ilmuwan bernama Myron Krueger menemukan Videoplace yang memungkinkan pengguna, dapat berinteraksi dengan objek virtual untuk pertama kalinya. Tahun 1989, Jaron Lanier, memeperkenalkan Virtual Reality dan menciptakan bisnis komersial pertama kali di dunia maya, Tahun 1992 mengembangkan Augmented Reality untuk melakukan perbaikan pada pesawat boeing, dan pada tahun yang sama, LB Rosenberg mengembangkan salah satu fungsi sistem AR, yang disebut Virtual Fixtures, yang digunakan di Angkatan Udara AS Armstrong Labs, dan menunjukan manfaatnya pada manusia, dan pada tahun 1992 juga, Steven Feiner, Blair Maclntyre dan dorée Seligmann, memperkenalkan untuk pertama kalinya Major Paper untuk perkembangan PrototypeAR.
Pada tahun 1999, Hirokazu Kato, mengembangkan ArToolkit di HITLab dan didemonstrasikan di SIGGRAPH, pada tahun 2000, Bruce.H.Thomas, mengembangkan ARQuake, sebuah Mobile Game AR yang ditunjukan di International Symposium on Wearable Computers.
Pada tahun 2008, Wikitude AR Travel Guide, memperkenalkan Android G1 Telephone yang berteknologi AR, tahun 2009, Saqoosha memperkenalkan FLARToolkit yang merupakan perkembangan dari ArToolkit. FLARToolkit memungkinkan kita memasang teknologi AR di sebuah website, karena output yang dihasilkan FLARToolkit berbentuk Flash. Ditahun yang sama, Wikitude Drive meluncurkan sistem navigasi berteknologi AR di Platform Android. Tahun 2010, Acrossair menggunakan teknologi AR pada I-Phone 3GS.
Bidang-bidang yang pernah menerapkan teknologi Augmented Reality adalah:
- Kedokteran (Medical): Teknologi pencitraan sangat dibutuhkan di dunia kedokteran, seperti misanya, untuk simulasi operasi, simulasi pembuatan vaksin virus, dll. Untuk itu, bidang kedokteran menerapkan Augmented Reality pada visualisasi penelitian mereka.
- Hiburan (Entertainment): Dunia hiburan membutuhkan Augmented Reality sebagai penunjang efek-efek yang akan dihasilkan oleh hiburan tersebut. Sebagai contoh, ketika sesorang wartawan cuaca memperkirakan ramalan cuaca, dia berdiri di depan layar hijau atau biru, kemudian dengan teknologi augmented reality, layar hijau atau biru tersebut berubah menjadi gambar animasi tentang cuaca tersebut, sehingga seolah-olah wartawan tersebut, masuk ke dalam animasi tersebut.
- Latihan Militer (Military Training): Militer telah menerapkan Augmented Reality pada latihan tempur mereka. Sebagai contoh, militer menggunakan Augmented Reality untuk membuat sebuah permainan perang, dimana prajurit akan masuk kedalam dunia game tersebut, dan seolah-olah seperti melakukan perang sesungguhnya.
- Engineering Design: Seorang engineering design membutuhkan Augmented Reality untuk menampilkan hasil design mereka secara nyata terhadap klien. Dengan Augmented Reality klien akan tahu, tentang spesifikasi yang lebih detail tentang desain mereka.
- Robotics dan Telerobotics: Dalam bidang robotika, seorang operator robot, mengunnakan pengendari pencitraan visual dalam mengendalikan robot itu. Jadi, penerapan Augmented Reality dibutuhkan di dunia robot.
- Consumer Design: Virtual reality telah digunakan dalam mempromsikan produk. Sebagai contoh, seorang pengembang menggunkan brosur virtual untuk memberikan informasi yang lengkap secara 3D, sehingga pelanggan dapat mengetahui secara jelas, produk yang ditawarkan. (Anggriyadi,2012)
images from: blog.inner-active.co
- VR (Virtual Reality)
Virtual reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3-D) sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk peramu obat, arsitek, pekerja medis, dan bahkan orang awam untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat menggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya. Virtual reality juga digambarkan dalam film seperti Congo. Pada film tersebut, Ami (sang Gorila) menggunakan bahasa tanda dan sarung tangan (glove) virtual reality untuk berkomunikasi dengan manusia.
Peranti Virtual Reality :
Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan walker. Glove adalah peranti masukan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem virtual reality. Headset adalah peranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala. Selain itu, peranti inilah yang memberikan pandangan lingkungan yang semu kepada pemakai sehingga seolah-olah pemakai melihat dunia nyata. Walker adalah peralatan yang dimaksudkan untuk memantau gerakan kaki. Peralatan ini dapat digunakan untuk mengatur kaki pemakai agar merasakan beban seperti kalau melangkah dalam dunia nyata. Sebagai contoh, kaki akan terasa berat untuk melangkah ketika pemakai sedang menghadapi dunia semu berupa rawa atau medan berlumpur.
Cara Kerja Virtual Reality :
Cara kerja sistem virtual reality pada prinsipnya adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.
APLIKASI WEB BERBASIS NEW MEDIA
DROPBOX
Dropbox adalah file hosting layanan dioperasikan oleh Perusahaan Dropbox. Inc, yang menawarkan penyimpanan cloud, file sinkronisasi, dan perangkat lunak klien. Dropbox memungkinkan pengguna untuk membuat folder khusus pada setiap komputer mereka, yang kemudian Dropbox mensinkronisasikan sehingga tampaknya menjadi folder yang sama (dengan isi yang sama) terlepas dari komputer yang digunakan untuk melihatnya. File yang ditempatkan dalam folder ini juga dapat diakses melalui situs web dan ponsel aplikasi.
Dari pengertian diatas, apa ada yang udah tau awal mula atau sejarah dari Dropbox? Nah mari kita liat sekilas info tentang sejarah Dropbox.
Pendiri Dropbox, Drew Houston memperoleh ide mengenai Dropbox setelah USB Drive miliknya beberapa kali tertinggal ketika ia menjadi murid di MIT. Ia mengatakan bahwa layanan yang tersedia saat itu bermasalah dengan penggunaan internet yang tidak dimaksimalkan, ukuran data yang besar, banyaknya error dan kesalahan, serta tidak praktis dan membingungkan banyak orang. Ia lalu mulai menciptakan sesuatu untuk dirinya sendiri, namun lalu menyadari bahwa hal ini dapat menguntungkan orang lain yang memiliki masalah yang sama. Houston lalu mendirikan Dropbox, Inc. pada tahun 2007, dan tidak lama setelah itu mendapatkan dana awal dari Y Combinator. Dropbox secara resmi diluncurkan pada acara TechCrunch50, sebuah konferensi teknologi tahunan pada tahun 2008.
Dikarenakan adanya perselisihan mengenai merek dagang antara Evenflow (perusahaan yang membawahi Dropbox) dan Proxy, Inc., nama domain resmi dari Dropbox adalah "getdropbox.com" hingga Oktober 2009, lalu kemudian akhirnya mereka berhasil memperoleh nama domain mereka saat ini, "dropbox.com"
Di Laporan Pangsa Pasar Desember 2010, OPSWAT melaporkan bahwa Dropbox telah menguasai 10,41% dari pasar Backup Client di seluruh dunia, berdasarkan angka instalasI Dropbox
Pada Mei 2011, Dropbox melangsungkan penawaran dengan penyedia layanan mobile dari Jepang, Softbank dan Sony Ericsson. Salah satu bagian dari perjanjian tersebut adalah Dropbox akan tersedia di perangkat mobile mereka. Setahun sebelumnya, pada Mei 2010, pengguna Dropbox di Cina kesulitan dalam mengakses Dropbox. Tidak lama kemudian, Dropbox mengkonfirmasi bahwa mereka telah diblokir di Cina. Bila melihat fakta bahwa banyak dari penyensoran di Cina terjadi pada layanan populer dan memiliki nama besar, maka hal ini dapat menjadi bukti betapa pesatnya popularitas Dropbox dan banyaknya pengguna dalam ranah internasional, Dan pada Oktober 2011, Dropbox telah memiliki lebih dari 50 juta pengguna.
Nah setelah tau pengertian dan sejarahnya, sekarang kita cari tahu bagaimana sih Dropbox itu.
Website Dropbox
Di website tersebut, kita bisa membuat / registrasi account. Di sini juga dapat meng-unduh (mendownload) aplikasi dropbox yang dapat diperoleh untuk komputer pribadi, ataupun smartphone.
Makin tertarik kan temen-temen? Sekarang kita bahas mengenai kelebihan dari Dropbox.
Kelebihan dropbox adalah ia dapat tersinkronisasi secara langsung pada komputer yang kita gunakan (Win, Linux dan Mac bahkan Ipod/HP), sehingga kita dapat mengakses file yang kita simpan dimanapun kita berada sekalipun dalam kondisi offline. Kita pun dapat berbagi file atau foto dengan sesama pengguna dropbox dimanapun mereka berada, karena otomatis file yang kita letakkan di folder sharing secara otomatis akan tersinkronisasi dengan pengguna lain yang telah kita pilih.tidak seperti 4shared, rapid share, mega upload,Ziddu dll yang ada waktu tunggunya, kalau di dropbox tanpa ada waktu tunggu serta support dengan program download akselerator sehingga kecepatan download meningkat
Perlu di ketahui pula bahwa sebagian File di web MAN Sabdodadi Bantul di simpab di dropbox khususnya foto dan File Download di menu download yang rata-rata ukuran filenya besar, supaya tidak menghabiskan space hosting
Selain itu Dropbox dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan tentunya bermanfaat, diantaranya yaitu :
1. Ruang penyimpanan gratis 2 GB
Bila kita mendaftar secara normal di situs dropbox, kita akan mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 2 GB secara gratis selamanya. Jika Anda masih merasa kurang dengan kapasitas yang diberikan, Anda dapat menambah-nya dengan cara memberikan undangan ke teman-teman Anda untuk juga menggunakan layanan dropbox. Setiaprefferal anda yang bergabung, anda akan mendapatkan free-space sebesar 250MB. Selain itu, Anda juga bisa menambahnya dengan cara meng-upgrade akun yang anda miliki di dropbox
2. Sinkronisasi semua jenis file
Tidak seperti file hosting lain yang membatasi jenis atau format file, dropbox memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk mengupload semua jenis file, baik itu dokumen, gambar, zip, bahkan sebuah program (exe). Dropbox pun tidak membatasi ukuran file yang diupload. Selagi ukuran tersebut masih di bawah batas ruang penyimpanan, hal tersebut tidaklah terlarang.
3. Tersinkron dengan perangkat yang kita gunakan
Dropbox tersinkron dengan komputer yang kita gunakan, baik itu bersistem operasi Windows, Linux, ataupun Mac. Dropbox pun tersinkronisasi dengan beberapa perangkat mobile yang populer seperti iPhone, Blackberry, Windows mobile/phone, dan perangkat lainnya.
Kita dapat membackup file atau folder yang kita inginkan di perangkat tersebut dengan cara memindahkannya/menandainya ke folder dropbox yang ada di komputer, sehingga otomatis file atau folder tersebut akan tersinkronisasi dengan server dropbox. Kita tidak perlu mengunjungi website dropbox untuk mengupload file. Hanya dengan memindahkan file tersebut ke folder sharing, otomatis file tersebut akan terupload ke dropbox.
4. Berbagi file di mana saja
Kita dapat berbagi file apapun kepada sesama pengguna dropbox. Bagi sesama pengguna dropbox, kita dapat berbagi file dengan jalan mengundang mereka. Setelah mereka menerima undangan, maka otomatis kita dapat berbagi file tersebut melalui folder sharing yang ada di komputer masing-masing. Cukup mudah, kita hanya perlu memindahkan file yang akan dibagi ke folder sharing, maka otomatis file tersebut juga akan tersimpan di komputer pengguna yang kita undang.
5. Media backup yang aman
Saya katakan aman, karena kita tidak perlu takut kehilangan file yang disimpan di server dropbox. Sejak dropbox menggunakan metode sinkronisasi dengan komputer, maka kita dapat mengakses file tersebut di komputer lain yang terhubung dengan akun kita.
6. Sebagai file hosting untuk website/blog
Bagi pemilik website/blog, tentunya hal ini sangat menggembirakan. Dropbox memperbolehkan penggunanya untuk mengunduh file secara langsung (direct link), sehingga kita dapat menggunakannya sebagai media hosting gambar, ataupun file download lain tanpa perlu membebani server web yang digunakan, sehingga dapat menghemat bandwidth.
Untuk pengguna PCLinuxOS DropBox sudah terinstall secara default didalamnya pada menu Internet, anda tinggal mensinkronkannya saja dengan akun Dropbox yang sudah anda daftarkan. Bagi OS yang belum terinstall Dropbox tidak perlu khawatir karena selelah anda mendaftarkan disini maka akan ada menu download Dropbox sesuai dengan OS anda.
Video tutorial pembuatan Augmented Reality dan cara Augmented Reality bekerja pada objek nyata;
SUMBER :
http://www.aguskristianto.com/apa-itu-dropbox-dan-bagaimana-cara-menggunakannya
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah
http://syamagung.blogspot.co.id/2013/11/aplikasi-web-berbasis-new-media.html
http://syamagung.blogspot.co.id/2013/11/aplikasi-web-berbasis-new-media.html
https://hakkajiten.wordpress.com/internet-dan-new-media/pengertian-new-media/ http://www.it-jurnal.com/2015/04/definisi-dan-manfaat-new-media.html https://shaktidarikhwan.wordpress.com/2014/09/29/new-media-definisi-pandangan-manfaat-komponen-aplikasi-dan-menganalisa-serta-menjelaskan-fitur-dari-new-media/ repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/42287/4/Chapter%20II.pdf
Komentar
Posting Komentar